Bagian Bagian Router

Posted on | Minggu, 21 Oktober 2012 | No Comments

Bagian Bagian Router

Secara esensial, device router tidak ubahnya sebuah mesin komputer. Diantaranya memeiliki sebuah central processor unit (CPU), beragam tipe memory, dan poin-poin koneksi ke device-device lainnya. Beberapa hal yang membedakan yaitu, Router tidak memiliki hardisk, floppy drive, atau CD-ROM drive, meski memiliki storage yang bersifat 'removable' sperti card card flash memori.
Kecepatan CPU dan ukuran memori merupakan perhatian utama dalam Cisco Router untuk menjamin performansi dan kapabilitas.

Cisco router memiliki beragam tipe memory untuk menyelenggarakan operasionalnya, diantaranya :
  • RAM (Random Access Memory)
    Merupakan memori yang dapat dibaca dan ditulis oleh mikroprosesor.RAM digunakan untuk menyimpan software bootstrap router.
  • NVRAM (Non Volatile RAM)
    digunakan untuk menyimpan konfigurasi-konfigurasi startup, atau startup configuration, yang akan senantiasa dibaca IOS saat router boot.
  • Flash
    Flash Memori digunakan untuk menyimpan IOS (atau OS router lainnya) dan jika flash mencukupi, dapat digunakan untuk menyimpan lebih dari satu versi IOS.
  • ROM (PROM,EEPROM)
    ROM (Read Only Memory). Merupakan memori yang dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulis oleh microprocessor.
Interface-interface yang dimiliki router, seperti Ethernet, Fast Ethernet, token ring, FFDI, low speed serial, fast serial, HSSI, ISDN BRI, dan lain lain, memberikan koneksi physical dari router ke jaringan-jaringan. Masing - masing interface ini diberi nama dan nomor. Card-card interface dipasangkan dengan slot-slot yang tersedia, dan sebuah kabel eksternal dengan tipe yang sesuai dikoneksikan pada card yang dimaksud. Disamping memiliki sejumlah interface, hampir semua router memiliki port console, yang memberikan koneksi serial asynchronous (RS-232).



 

Comments

Leave a Reply

Daftar Blog Saya

  • Jenis Jenis Jaringan - Secara umum jaringan komputer terbagi menjadi 3 jenis yaitu,: *Local Area Network (LAN)* Sebuah LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kec...
    11 tahun yang lalu

Categories

Chat Box

Diberdayakan oleh Blogger.
Adsense Indonesia

Pengikut

Blog Counter